• Jelajahi

    Copyright © Kontras Media
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Ini alasan Bali Disukai Turis Asing

    Tuesday, October 24, 2023, 10:02 AM WIB

     



    Ini Alasan Bali Selalu Menjadi Tujuan Liburan Para Turis Asing. Bali merupakan pulau di Indonesia yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit para turis dari berbagai negara, terutama turis eropa. Bali menjadi idaman bagi turis mancanegara maupun lokal. Saking terkenalnya nama Bali, banyak wisatawan asing tidak mengetahui bahwa Bali merupakan bagian dari Indonesia.


    Ada sejumlah alasan Bali menjadi salah satu destinasi favorit di Indonesia. Sebut saja, warga lokal yang ramah dan budaya serta adat istiadatnya yang masih melekat dan masih dilaksanakan hingga sekarang.


    Tak hanya itu, Bali juga kaya akan destinasi wisata alam. Pantai, air terjun, serta lautnya yang biru dan jernih menjadi pesona tersendiri bagi wisatawan. Ditambah lagi, terdapat villa murah di Bali yang estetik sekaligus nyaman.


    Berikut sejumlah alasan yang membuat Bali menjadi incaran para turis sebagai destinasi liburan.


    Warga lokal ramah


    Keramahan warga lokal Bali merupakan salah satu alasan yang membuat turis kerasan berada di Bali.


    Meskipun pendatang, Anda tidak perlu khawatir akan dijahili atau ditipu oleh warga setempat. Sebab, penduduk Bali tak segan-segan membantu turis ketika menghadapi kesulitan. Jadi, jangan malu untuk bertanya. Hal terpenting, Anda harus menghormati budaya Bali.


    Aman

    Selain masyarakat yang ramah, Bali juga merupakan kawasan yang aman bagi pendatang. Hal ini dibuktikan dengan pengalaman para wisatawan. Contohnya, ketika dompet tertinggal di dasbor motor, Anda tidak perlu khawatir kehilangan dompet tersebut.

    Bahkan, ada sebuah cerita tentang seseorang yang lupa mencabut kunci motornya saat di Bali. Hingga keesokan harinya, posisi motor masih seperti semula ketika terakhir kali diparkirkan dengan kunci yang menggantung. Tidak ada yang berani mengambil motor tersebut.


    Makanan enak dan murah

    Ketika berada di kota besar dan terkenal, harga makanan cenderung lebih tinggi. Namun, hal ini tidak berlaku bagi kebanyakan tempat makan dan restoran yang ada di Bali.

    Sebagai contoh, semangkuk salad di restoran di kota besar biasanya dijual dengan harga Rp 100.000. Namun, di Bali, Anda bisa menikmati semangkuk salad mulai dari Rp 50.000 saja. Bahkan, beberapa tempat menjualnya dengan harga lebih murah.

    Makanan-makanan sehat di Bali dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Hal ini membuat para turis senang dan betah tinggal berlama-lama di Bali. Bisa dibilang, urusan makanan tidak perlu dikhawatirkan.


    Banyak wisata alam

    Pilihan wisata alam yang beragam merupakan salah satu alasan banyak turis menjadikan Bali sebagai destinasi wisata pilihan. Seperti diketahui, Bali merupakan sebuah pulau yang dikelilingi oleh lautan.

    Pada setiap sudut pulau ini, Anda dapat menemukan berbagai jenis pantai yang cantik dan memesona.

    Selain itu, sejumlah pantai di Bali juga cocok untuk dijadikan lokasi latihan surfing. Jadi, pulau ini juga sering didatangi oleh surfers kelas internasional.

    Tak hanya itu, hamparan pasir putihnya juga menjadikan pantai Bali makin indah. Hal ini membuat pandangan mata tak pernah puas dan selalu takjub dengan pemandangannya.

    Itulah empat alasan Bali kerap dikunjungi turis. Kini, giliran Anda pergi ke Bali dan menikmati keindahan alam serta budayanya.

    Apabila berencana ke Bali, pesanlah akomodasi penginapan hingga penerbangan melalui Traveloka. Pasalnya, ada banyak promo serta diskon menanti Anda di platform ini.



    Mengapa Bali Lebih Terkenal dari Indonesia?

    Pulau yang terkenal dengan julukan Pulau Dewata ini seakan tak henti memberi beragam pilihan wisata yang bisa dikunjungi.

    Wisatawan lokal hingga mancanegara berbondong-bondong mendatangi Bali, meski hanya untuk sekadar mencicipi sunset dari tepi pantai.

    Keramahan, kesenangan, kedamaian, dan keindahan yang dimiliki Bali, menjadikannya salah satu pulau paling populer di dunia tahun 2020. Bali juga dinobatkan sebagai destinasi populer tahun 2021 versi Tripadvisor.

    Dijuluki sebagai The Island of Gods, Bali memiliki beragam pilihan aktivitas yang bisa dicoba. Mulai dari kegiatan ekstrem hingga sekadar duduk-duduk sambil menikmati angin di bibir pantai.

    Pesona Bali juga dirasakan oleh Ulin Yusron. Ia mengatakan dalam siniar Beginu yang bertajuk "Kembali ke Bali dan Belajar Kemanusiaan dari Monyet" bahwa nilai spiritualitas Bali berhasil membuatnya betah untuk singgah lebih lama.

    Dirinya juga menceritakan hal tak terduga yang membuatnya memahami pola sosial bagi monyet di Bali dan melihat nilai-nilai dari sana.


    Pulau Paling Populer di Dunia

    Bali mengungguli Pulau Ibiza, Spanyol, dengan menjadi pulau yang paling banyak dicari versi Tourlane, start up travel ternama asal Jerman.

    Tentunya hal ini disebabkan oleh kuatnya tradisi dan budaya di Bali yang salah satunya menjadi alasan wisatawan untuk datang, selain menikmati keindahan alamnya.

    Beberapa situs dan asosiasi internasional juga pernah menobatkan Bali sebagai yang terbaik antara lain Travel and Leisure, World Travel Awards, Conde Nast Traveler, hingga UNWTO Awards.

    Pulau Bali juga terkenal akan masyarakatnya yang menjunjung tinggi kebudayaannya. Terlihat dari ornamen kebudayaan, bangunan, pakaian, hingga upacara adat yang mudah dijumpai.

    Hal ini yang membuat turis mancanegara takjub dan senang berada di Bali.

    Jika dibandingkan dengan Eropa, Jepang, atau Korea, Pulau Bali juga relatif terjangkau biaya akomodasinya. Tak heran banyak turis mancanegara yang menjadikan Bali sebagai destinasi liburan incarannya.


    Bali Lebih Terkenal Dibanding Indonesia

    Ketua Program Magister Pariwisata Berkelanjutan Sekolah Pascasarjana Universitas Padjajaran, Dr. Evi Novianti, M. Si membenarkan jika wisata mancanegara lebih mengenal Bali dibandingkan Indonesia.

    Dirinya mengatakan, hal tersebut pada dasarnya karena core wisata Indonesia ada di Bali.

    “Ini menjadi PR kita bagaimana mendobrak agar Indonesia seperti Bali. Dalam artian sangat dikenal, perlu branding,” ujarnya.

    Jika menelisik sejarah Indonesia, dahulu pemerintah Hindia Belanda sudah mempromosikan Bali sejak tahun 1920-1930-an, yang kala itu menjadi era keemasan dunia pariwisata.

    Bali dengan keragaman budaya dan agama mampu berbaur dan menyatu menjadi ciri khasnya tersendiri yang menjadi daya tarik wisatawan.


    Spiritualitas dan Bali

    Bali terkenal dengan banyaknya guru spiritual dan aktivitas yoga yang dilakukan. Tak heran Bali menjadi kiblat bagi spiritualitas.

    Hal ini dibuktikan dari banyaknya orang berbondong-bondong ke Bali dengan tujuan penyembuhan, yoga, dan proses menemukan jati diri.

    Bukan hal yang aneh ketika pengunjung datang ke Bali untuk merasakan tarikan kosmik di pulau tersebut.

    Dijelaskan dalam istilah spiritual, karena chakra bumi, atau garis Ley yang berpotongan di Bali, menjadikannya salah satu dari tujuh titik di dunia di mana energi “Mother Earth’s” paling tinggi.

    Jika kamu termasuk orang yang aktif berselancar di media sosial, tentu sering menjumpai unggahan artis atau influencer yang pergi ke Bali untuk melakukan tradisi Melukat.

    Melukat merupakan salah satu tradisi umat Hindu di Bali yang memiliki makna pembersihan jiwa dari hal negatif.

    Ritual menyucikan diri dengan air suci ini ditujukan memperoleh kebaikan dan menjauhkan dari unsur-unsur negatif, seperti mimpi buruk, rasa resah, dan lainnya.

    Guru Besar Ilmu Pariwisata Universitas Udayana Profesor I Gede Pitana mengatakan, melukat makin dikenal karena tren wisata spiritual di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara, dan dapat dilakukan oleh siapa pun.

    Dengarkan secara lengkap perbincangan seru Wisnu Nugroho bersama Ulin Yusron dalam siniar Beginu, yang bisa diakses melalui tautan berikut 

    Bali masih menjadi primadona wisata di Indonesia untuk turis mancanegara. Keindahan Bali tidak terbantahkan sehingga dianggap tepat untuk dijadikan destinasi wisata.

    Bahkan, majalah travel Amerika Serikat, Travel + Leisure, menempatkan Bali sebagai salah satu pulau terbaik di dunia pada Juli lalu.

    Tempat yang dijuluki sebagai Pulau Dewata ini menduduki urutan ketiga dalam daftar 25 pulau terbaik di dunia versi Travel + Leisure. Bali meraih nilai 92,51.

    Bali hanya berada di bawah Pulau Ischia di Italia, yang memperoleh nilai 94,61, dan Maldives yang meraup nilai 94,44 dalam peringkat yang diberikan oleh pembaca Travel + Leisure ini.

    Lalu, apa sebenarnya yang membuat Bali menjadi salah satu pulau terbaik di dunia? Berikut 5 alasannya, seperti dirangkum dari berbagai sumber.


    Destinasi Wisata Lengkap

    Bali bukan hanya memiliki pemandangan pantai yang menakjubkan. Pulau Dewata juga punya panorama alam indah lainnya yang otentik dan asri, seperti Ubud.

    Bahkan, Bali punya Istana Tampaksiring, yang merupakan salah satu istana kepresidenan. Anda bisa liburan bersama teman, pasangan, keluarga, atau bahkan sendiri, semuanya sama-sama seru dilakukan di Bali.

    Belum lagi budaya Bali yang begitu kuat dan kental, sehingga membuat banyak turis asing tertarik datang melihat. Itulah kenapa Bali dianggap sebagi destinasi wisata lengkap.


    Seni Lintas Budaya

    Bali memiliki perpaduan seni lintas budaya, dari mulai arsitektur bangunan ala Hinda dan Budha yang sering ditemui di sana, hingga seni ukir kayu yang juga terkenal.

    Sementara Ubud dikenal dengan seni lukisnya, di mana di sana terdapat museum tertua di Bali yang berisikan karya seni lukis lokal, baik tradisional maupun modern.

    Keunikan budaya Bali begitu kaya dan hal itu sudah ada sejak zaman kerajaan hingga sekarang di era kemerdekaan.


    Aneka Kuliner Lezat

    Untuk urusan kuliner, masakan khas Bali ternyata juga disukai turis asing. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Bali untuk berburu kuliner, di samping menikmati pesona alamnya.

    Ayam betutu, nasi campur, nasi tepeng, dan sate lilit merupakan makanan tradisional khas bali yang terkenal. Sudah punya pemandangan alam indah, makanannya pun lezat.


    Masyarakatnya Ramah

    Jika Anda masuk dalam daftar pulau terbaik di dunia, yang harus dimiliki bukan hanya pesona dan kebudayaan, tapi juga masyarakatnya. Kebetulan Bali punya masyarakat yang sangat ramah.

    Dunia mengenal Bali sebagai pulau dengan keramahan penduduk lokalnya. Masyarakat Bali dikenal sopan dan punya tata bicara yang halus.

    Kehidupan di Bali juga damai dan tentram, yang membuat turis-turis asing betah berlama-lama liburan di Pulau Dewata.



    Atraksi Tari-tarian

    Bali memiliki budaya yang kaya, salah satunya dengan keunikan sejumlah tari tradisional. Tari-tarian itu ternyata menjadi magnet bagi wisatawan.

    Tari Kecak, Tari Barong, dan Tari Legong merupakan tari tradisional Bali yang sering dipentaskan. Wisata bersifat atraksi ini memanjakan mata para turis.

    Jadi, jika ke Bali, Anda dipastikan mendapatkan kelengkapan wisata dari mulai pesona alam, kuliner, hingga atraksi wisata, sehingga ketika pulang berlibur dari Pulau Dewata, Anda benar-benar puas.


    *) dari berbagai sumber



    ----------------------------------------------------

    Ce qui suit est une référence pour votre visite à Bali:

    Persiapan Wisata di Bali:


    Destinasi di Bali Cocok Atifitas Luar:




    Destinasi di Bali Cocok Atifitas Luar:


    Informasi Budaya Bali:



    Destinasi Populer di Bali:


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS
    close