-->
  • Jelajahi

    Copyright © Kontras Media
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Pj Gubernur Bangka Belitung Didampingi Pj Bupati Bangka Resmikan Gedung Graha Maras Disertai Dengan Penanaman Cabai

    Friday, February 2, 2024, 10:39 PM WIB

     


    Bangka, Kontrasmedia.com -Pj  Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal Z.A bersama Pj Bupati Bangka M. Haris AR, didampingi Forkopimda  meresmikan Gedung Pertemuan Graha Maras Pemerintah Kabupaten Bangka dihalaman belakang Kantor Bupati Bangka, Jum'at (2/2/2024)


    Peresmian dan penandatanganan Prasasti pada Gedung Pertemuan Graha Maras oleh Pj Gubernur, dilanjutkan dengan pemotongan pita dan peninjauan ruangan serta penanaman cabai.


    Safrizal Z.A PJ Gubernur Bangka Belitung menjelaskan bahwa menyambut baik dengan adanya Gedung pertemuan Graha Maras yang baru untuk kemajuan Kabupaten Bangka.Dengan telah terbangun fasilitas gedung pertemuan yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan.


    “Pj Guburnur Safrizal Z.A mengucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Bangka dengan keberhasilan maupun kesukesesannya membangun gedung termegah dengan kapasitas sedemikian besar ini,” jelas Syafrizal. 


    Pj Bupati Bangka M Haris, AR, sambutannya mengatakan hari ini Gedung yang telah dinamakan Graha Maras akan diresmikan.

    Untuk nama gedung pertemuan ini kita ambil dari nama gunung yang ada di pulau Bangka, yaitu Maras. karenanya telah memiliki filosopi yang tinggi maupun untuk semua ruangan nya juga akan kita beri nama Bukit yang ada di pulau Bangka seperti Bukit Siam dan lainnya.


    Dalam kesempatan tersebut setelah peresmian gedung pertemuan dilanjutkan dengan penanaman cabai oleh Pj Gubernur,   Pj Bupati Bangka, Forkopimda, Sekda Bangka Asisten,Staf Ahli Bupati,OPD,Kepala Bagian,Camat , Lurah dan tamu undangan lainnya  di halaman seputaran Gedung Pertemuan Graha Maras yang baru saja diresmikan.


    "Gerakan penanaman cabai ini merupakan inisiatif Pj Bupati Bangka  bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka sebagai wujud dari pemanfaatan lahan pekarangan yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif lahan produktif menghasilkan.


     Pj. Bupati Bangka M. Haris, AR , menjelaskan sengaja menugaskan seluruh  mulai dari Kepala OPD, Kecamatan, Kelurahan serta Desa untuk dapat menanam cabai, untuk  menanam cabai seputaran di pekarangan kantor mereka masing-masing sebanyak 100 batang.


    Gerakan penanaman cabai ini dapat dilakukan dan diikuti oleh semua lapisan masyarakat, gerakan ini juga akan terus berlanjut guna membangkitkan lagi semangat bercocok tanam khususnya bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka," kata Haris


    Masyarakat kita polanya sekarang telah banyak merubah lahan pertanian menjadi tambang, melalui momen adanya gerakan penanaman cabai ini, mari kita mengajak masyarakat untuk kembali bertani,” ucap Haris.


    Sementara itu,  Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Syarli Nopriansyah, menjelaskan bahwa target awal untuk penanaman cabai sebanyak 10.000 batang, namun setelah dilakukan rekap ulang yang akan di tanam sebanyak- banyak yaitu 20 ribu batang .


    “Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh ASN, tenaga kontrak dan perangkat desa se-kabupaten Bangka. Jadi penanaman ini tidak melibatkan petani, kegiatan inipun sebagai upaya Pemkab Bangka untuk penanganan inflasi yang diakibatkan tingginya harga cabai keriting dan cabai rawit yang terjadi pada bulan November sampai dengan januari 2024,” kata Syarli.


    Syarli  menambahkan, terhitung mulai pertengahan bulan januari untuk saat ini jumlah cabai yang berada di Kabupaten Bangka mengalami surplus, gerakan penanaman cabai ini sebagai contoh kepada masyarakat untuk ikut menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing sehingga untuk kebutuhan sehari-hari tidak tergantung lagi kepada pasar,” harap Syarli

    (jas)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS
    close