-->
  • Jelajahi

    Copyright © Kontras Media
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Camat Gumukmas Peringatkan Kades Agar Transparan Soal Anggaran

    Wednesday, December 6, 2023, 5:57 PM WIB

     

    Jember, kontrasmedia.com - Camat Gumukmas Nino Eka putra memperingatkan seluruh Kades di Wilayah Kecamatan Gumukmas untuk selalu bijak dan transparan dalam pengelolaan anggaran yang merupakan uang rakyat atau dana dari negara, Rabu (6/12/2023).


    Nino mengingatkan kepada seluruh Kades yang ada di Gumukmas untuk supaya bisa menjaga amanah dalam pengelolaan uang dana desa (DD).


    Ia menyampaikan, bahwa kegiatan pembangunan desa agar dilakukan dengan baik dan dikelola sesuai dengan hasil dari Musdes.


    "Jangan sampai salah kelola yang bisa berimbas sampai proses hukum di kemudian hari," kata Nino kepada awak media melalui sambungan WhatsApp, Selasa (5/12/2023).


    Menurutnya, pengunaan dana desa dapat diprioritaskan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan mampu menggerakkan sektor sektor produktif di masyarakat.


    Salah satunya, lanjut Nino, untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. 


    "Termasuk dalam pembangunan infrastruktur pedesaan. Dalam pelaksanaan di lapangan utamakan berdayakan warga sekitar guna meningkatkan perekonomian warga sekitarnya," jelas Nino.



    Menanggapi permasalahan di Desa Purwoasri, Camat Gumukmas itu akan melakukan konfirmasi kepada pihak pemerintah desa setempat.


    " Kita tidak tahu apa isi hasil dari musdes Desa Purwoasri, kita akan cek dahulu," ucapnya.



    Nino kembali menegaskan, bahwa pemasangan papan informasi kegiatan pembangunan seharusnya terpasang di lokasi kegiatan, karena, tranparansi menjadi syarat penting yang harus dipenuhi dalam setiap aspek penyelenggaraan pemerintahan, termasuk penggunaan anggaran pembangunan di tingkat desa.



    " Seperti menyusun penggunaan dana desa secara terbuka kepada masyarakat. Bentuknya bisa dalam baliho besar yang berisi informasi penggunaan anggaran yang terpampang di balai desa, atau di tempat tempat strategis yang mudah dilihat oleh masyarakat" imbuhnya.


    Hal itu dilakukan agar supaya masyarakat bisa mengawasi jalannya pemerintahan desa dalam pengelolaan anggaran dan peruntukannya. (man/ton)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS
    close