• Jelajahi

    Copyright © Kontras Media
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Bupati Bangka Dan wakil Bupati Kunjungi Lapas Kelas IIB Dalam Rangka Pemberian Remisi

    Thursday, August 17, 2023, 11:24 PM WIB

     


    Sungailiat Kontrasmedia.com : Bupati Bangka, H.Mulkan,SH.,MH bersama Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, S.IP, M.Tr.IP dan Sekda Bangka, Drs.H.Andi Hudirman serta para pejabat lainnya mengunjungi


    Sungailiat Kontrasmedia.com : Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sungailiat memberikan remisi kepada warga binaan secara simbolis pada peringatan HUT RI Ke-78 ,Tahun 2023 , Kamis (17/8/2023).




    Sebanyak 317 diberikan remisi umum kepada warga binaan yang terdiri dari remisi umum sebagian 174 orang, remisi umum seluruhnya sebanyak 11 orang. Sementara remisi umum terkait dengan PP tahun 2012, remisi umum sebagian sebanyak 130 orang dan remisi umum seluruhnya 3 orang. 


    Acara pemberian remisi ini di hadiri Bupati Bangka, H.Mulkan,SH.,MH bersama Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, S.IP, M.Tr.IP dan Sekda Bangka, Drs.H.Andi Hudirman, Forkopimda Bangka, Ka.RRI Sungailiat,Ka.Lapas Sungailiat, Danramil Sungailiat, Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat, Pimpinan Bank Sumselbabel Syariah Sungailiat, Danki Brimob, Kompi Senapan B 147, Ketua TP. PKK Kabupaten Bangka,Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bangka, Ketua DWP/GOW, Direktur Perumda PDAM Tirta Bangka, Kepala BNNK Bangka, Kepala Kemenag Bangka, Staf Ahli Bupati, Tenaga Ahli Bupati, Ka. OPD, Camat Sungailiat, Direktur RSUD se-Kabupaten Bangka.







    Bupati Bangka H.Mulkan , dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan menteri Hukum dan HAM mengatakan pemberian remisi ini bukan semata-mata diberikan secara sukarela oleh Pemetrintah.


    “Pemberian remisi ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan bagi warga binaan pemasyarakatan yang telah baik dan bersungguh- sungguh mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh unit pelaksana teknis pemasyarakatan.Tunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik lagi dalam mengikuti seluruh tahapan, proses, kegiatan program pembinaan yang akan datang," kata Bupati H.Mulkan


    Lanjutnya, Pemerintah untuk tahun 2023 ini memberikan remisi kepada 175.510 orang narapidana yang mendapatkan remisi umum I dan remisi umum II mendapatkan langsung bebas sebanyak 2.606 orang.


    “Untuk kedepannya diharapkan dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan derajat kesehatan. Pemberian hak ini dilakukan untuk memberikan motivasi dan kesempatan kepada narapidana dan anak binaan untuk mendapatkan kesejahteraan sosial, pendidikan, keterampilan guna mempersiapkan diri di tengah masyarakat serta mendorong peran serta masyarakat untuk secara aktif ikut serta mendukung penyelenggaraan sistem pemasyarakatan” ujar Bupati H.Mulkan


    Sementara itu kepala lapas IIB sungailiat Zullaeni pada acara ini mengatakan remisi ini adalah hak narapidana untuk memperoleh pengurangan masa tahanan saat menjalani hukuman.


    Jumlah narapidana yang ada di lapas IIB sungailiat saat ini berjumlah 496 orang. napi yang berhak memperoleh masa tahanan adalah napi dengan syarat berkelakuan baik selama menjalani masa pembinaan di dalam lembaga permasyarakatan",jelas Zullaeni.


    “Pembinaan kemasyarakatan ini secara umum dapat digolongkan dua jenis yaitu pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirin


    Peringatan ke-78 HUT RI ini menjadi momentum untuk kebih meningkatkan kualitas pelayanan dan sebagai pengayom masyarakat, mendorong peningkatan kinerja serta menciptakan inovasi serta kreativitas dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik serta menghindari perbuatan yang dapat merusak nama baik institusi pemasyarakatan dan Kementetian Hukum dan HAM pada umumnya.


    Acara dilanjutkan dengan pemberian remisi oleh Bupati dan Wakil Bupati Bangka didampingi Forkopimda Bangka serta melihat cinderamata dari hasil kreativitas warga binaan di Lapas kelas IIB Sungailiat.  (Jas)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    CLOSE ADS
    CLOSE ADS
    close